468x60 Ads

Di Balik Cadar Santriwati Mambaus Sholihin

Di pesantren Mambaus Sholihin, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di sana. Pesantren yang diasuh oleh KH Masbuhin Faqih, tokoh NU Kabupaten Gresik ini, saya tidak menyangka jika santri putrinya bercadar. Ini tentu tidak lazim di kalangan pesantren NU. Hal ini baru saya ketahui ketika saya didapuk menjadi pengisi Diklat Jurnalistik majalah Al-Fikrah, Jum’at (11/1), bertepatan dengan milad atau ulang tahun majalah tersebut. Otomatis saya sendiri tertular semangat milad, karena ketika matahari sudah merangkak ke barat, para santriwati bergeming dan tetap antusias dengan materi Cara Menata Keredaksian secara professional yang saya sampaikan. Hal itu terlihat juga dari proses dan hasil kerjasama di antara mereka ketika itu dibagi menjadi sepuluh kelompok. Setiap kelompok diwajibkan membuat susunan redaksi lalu membuat nama baru sebuah majalah sekaligus tema utama dan motto majalah tersebut hanya dalam tempo 20 menit! Kemudian mereka bekerja sesuai bidangnya masing-masing, seperti layouter yang menggambar cover majalah, fotografer yang mengambil gambar, reporter yang membuat head line berita, redaktur yang membuat berbagai macam rubrikasi, dan pimpinan redaksi yang membuat tulisan pengantar majalah. Baik peserta santri putra maupun putri yang semua berjumlah 150 ini tidak mau kalah, dalam waktu sesingkat itu ternyata mereka mampu menyerahkan cover majalah baru dengan tema utama, susunan redaksi lengkap, salam redaksi serta rubrik-rubrik baru dalam majalah yang sebelumnya tidak terpikir di benak saya. Ternyata, di balik cadar pun tak mengurangi aktivitas mereka untuk menulis dan berkarya. Bahkan ketika saya membaca isi dari majalah pesantren tersebut, saya melihat banyak sekali tulisan mereka yang bagusnya luar biasa. Salam Cinta Indonesia. - See more at: http://surabaya.tribunnews.com/2013/01/23/di-balik-cadar-santriwati-mambaus-sholihin#sthash.agsNHRwt.dpuf Oleh : Arif Khunaifi Santri Maha TeBe Indonesia arifkhunaifi@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar